Pendidikan

Pembelajaran Kelas 3

Beginilah Proses Pembelajaran Yang Menyenangkan di SDK Santo Xaverius

Indra Patmoko | Jumat, 16 Januari 2015 - 14:26:00 WIB | dibaca: 2021 pembaca

Mengidentifikasikan Hal-Hal yang Mempengaruhi Gerak Benda

Pagi ini kita siswa kelas 3A mendapat tugas dari bu guru untuk mengerjakan LKS berikut juga dengan beberapa peralatan yang harus dibawa, seperti kertas koran bekas, bola pingpong, kelereng, karet penghapus,uang logam, uang logam tiruan dari kertas, dan alat ukur meteran. Dari semua peralatan yang kita bawa tadi, tidak lain adalah digunakan untuk melakukan percobaan IPA. Lalu percobaan seperti apakah itu? Percobaan kita kali ini adalah tentang gerak benda dalam teknologi, sebelum melakukan percobaan terlebih dahulu ibu guru menerangkan kepada kita bagaimana langkah-langkah dalam melakukan percobaan, agar supaya kita lebih paham terkait apa saja yang akan kita kerjakan nanti.

Sebelum lebih jauh untuk melakukan percobaan, pertama-pertama yang dilakukan adalah membentuk 9 kelompok dan setiap kelompoknya terdiri dari 4 siswa. Adapun dari percobaan ini tiap kelompok telah mendapatkan tugas masing-masing yaitu,

Pertama adalah membuat pesawat terbang dari kertas koran, lalu menyiapkan selembar koran yang dibentangkan begitu saja,serta selembar koran yang digulung dengan rapat, setelah semua sudah siap barulah kita secara bersama-sama melemparkan ketiga benda tersebut, dari peristiwa melempar tadi,koran yang dibentuk seperti apakah yang bisa diketahui jarak lemparnya paling jauh? Jawabannya adalah Koran yang digulung dengan rapat,mengapa demikian? Hal tersebut dikarenakan bahwa semakin kecil permukaan suatu benda, maka gerak benda tersebut akan semakin cepat,

Kedua adalah mengukur jarak gelinding suatu benda dengan menggunakan alat ukur meteran terhadap bola pingpong dan kelereng yang sama-sama digelindingkan pada lantai ubin dan di atas permukaan tanah, dari peristiwa menggelinding tadi permukaan manakah yang membuat kedua benda tersebut bisa menggelinding lebih jauh? Jawabannya tentu saja pada lantai ubin, mengapa demikian?Hal tersebut dikarenakan bahwa lantai ubin mempunyai permukaan yang licin, sehingga apabila kita menggelindingkan suatu bendadi ataspermukaan yang licin/halus, makagerakbenda tersebut menjadi lebih cepat bila dibandingkan pada permukaan yang kasar, dan

Ketiga adalah mengukur jarak karet penghapus dan bola pingpong bila sama-sama kita gelindingkan pada lantai ubin,manakah yang paling jauh jarak gelindingnya? Jawabannya sudah pasti bola pingpong, mengapa demikian? Hal tersebut dikarenakan bahwa bola pingpong berbentuk bulat, sehingga benda tersebut dapat dengan mudah untuk bergulir.

Keempat atau yang terakhir adalah uang logam dengan uang kertas mainan yang harus kita lemparkan keatas secara bersamaan, manakah dari kedua benda tersebut yang lebih dulu kembali mencapai tanah? Jawabannya adalah uang logam,mengapa demikian? Hal tersebut di karenakan bahwa uang logam mempunyai berat yang lebih besar dibandingkan dengan uang kertas mainan.Benda yang lebih berat lebih cepat mencapai tanah saat jatuh dibandingkan benda yang ringan.

Wuuuiiiih…ternyata asyik juga yaa…melakukan percobaan seperti ini, kita jadi mengerti bahwa setiap benda memiliki bentuk maupun berat masing-masing, selain itu kita bisa tahu juga tentang hal-hal apa saja mempengaruhi gerak benda. Tanpa terasa 2 jam-pun berlalu dan kita semua telah melakukan percobaan dengan tertib dan tak lupa pula kami segera mengumpulkan LKS yang sudah terisi. Sampai disini dulu ya kawan semoga tulisan ini bisa bermanfaat yaa…amin   (oleh : Bu Tiwi )

 

Belajar Matematika Plus Badan Sehat.

“ Horeeee….!!! Aku dapat jeruk setengah” teriak Brandon di kelas 3B. “Hemmm… enak sekali jeruknya muanisss…”  sambung Brandon.

“Ahh… kamu enak Brandon satu jeruk dibagi dua orang, kelompokku satu jeruk dibagi empat orang. Jadi aku cuma dapat seperempat aja.” Kata Noel.

“Gak masalah dapat seperempat yang penting kan kita dapat jeruk yang manis.” Kata Vincent kepada Noel.

“Karena kelompok kita empat orang, jadi sebuah jeruk kalau dipotong empat, masing-masing bagian itu seperempat atau satu perempat.” kata Noel.

“Iya, benar Noel. Aku Cuma berdua sama Jovannes jadi jerukku Cuma dipotong menjadi dua, jadi aku dapat setengah atau satu perdua.” Kata Brandon.

Itulah celoteh anak-anak kelas III yang sedang memotong buah-buahan pada pembelajaran matematika untuk materi pecahan.  @ike_dia










Komentar Via Website : 5
Rudi Hartono
04 Februari 2015 - 16:14:35 WIB
Mendidik dan menyenangkan
grosir deep beauty
23 Mei 2017 - 22:12:48 WIB
kanza
23 Maret 2017 - 09:17:48 WIB
Agen Pupuk Organik
10 Oktober 2017 - 13:48:54 WIB
Pupuk Organik Cair
11 Oktober 2017 - 13:50:17 WIB
AwalKembali 1 LanjutAkhir


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)