Pendidikan

pondok strawberry

BELAJAR DAN BERMAIN

Indra Patmoko | Rabu, 21 Februari 2018 - 11:34:13 WIB | dibaca: 620 pembaca

BELAJAR DAN BERMAIN DI PONDOK STRAWBERRY

 

Wah Asyiiik...ini belajar diluar sekolah dengan teman-teman sambil bermain...

            Dalam rangka adanya pembelajaran diluar sekolah anak-anak kelas 2A dan 2B berencana akan pergi bersama ke Pondok Strawberry Green di daerah Pacet-Mojokerto, tak heran bila mereka terlihat sangat antusias sekali menyambut kegiatan pengembangan kurikulum yang memang sudah menjadi agenda tahunan SD Katolik Santo Xaverius Surabaya.

Dan sehari sebelum berangkat  anak-anak terlebih dahulu diberikan pengarahan tentang beberapa hal yang harus dilakukan dan peralatan apa saja yang harus dibawa ke Pondok Strawberry nantinya.

Ooh yaa...disana kita akan belajar banyak hal lhoo, seperti :

ü Membuat pancake dari buah strawberry

ü Mewarnai buah strawberry

ü Pengenalan dan Pembelajaran tentang hewan ternak, serta

ü Memetik buah strawberry, tentunya

Pagi ini telah menunjukkan pukul tujuh anak-anak kelas 2A dan 2B sudah siap untuk berangkat ke Pondok Strawberry, selama dalam perjalanan anak-anak tampak riang dan gembira. Tak terasa tibalah di lokasi yang dituju, merekapun disambut dengan baik oleh kakak-kakak instruktur, untuk selanjutnya diajak masuk di aula yang letaknya berdekatan dengan sawah,  oh yaa guys…gedung aula ini masih dibilang baru lhoo, karena Pondok Strawberry yang kita kunjungi sekarang ini, juga merupakan lahan baru atau sudah berpindah dari tempatnya terdahulu.

Waah…udara disini sangat sejuk dan terasa segar guys, namun sejenak menikmati kesejukannya tak lama kemudian terdengarlah aba-aba dari kakak-kakak instruktur yang menginstruksikan agar anak-anak melakukan pendinginan dengan bersenam dulu, agar rasa capek selama perjalanan dalam bis-pun ias hilang, selang waktu berlalu dan senampun sudah selesai, saatnya anak-anak dibagi menjadi beberapa kelompok sebelum melaksanakan kegiatan yang sudah dipersiapkan oleh kakak-kakak instruktur sebelumnya.

Kegiatan pertama kita membuat pancake dari buah iasberry, heemm… seru juga membuat pancake ini yaa…dari baunya saja sudah membuat anak-anak untuk segera memakannya he…he…, tapi harus dikipasi terlebih dahulu ya guys, agar tidak gosong pancakenya.

Setelah membuat pancake, selanjutnya masuklah pada kegiatan kedua dan anak-anak-pun  segera diajak oleh kakak-kakak instruktur ke peternakan kelinci, ooh ya… lahan peternakannya cukup luas juga lho guys, sehingga membuat kelinci-kelinci itu betah untuk tinggal dan berkembangbiak disitu, namun sebelum anak-anak masuk lahan peternakan terlebih dahulu mereka diberi pengarahan tentang “bagaimana cara merawat kelinci yang baik..?”, “bagaimana cara memegang kelinci yang benar, sehingga tidak membuatnya berontak dan masih tetap merasa nyaman..?”, lalu “apa saja makanan yang boleh diberikan kepada kelinci..?” serta penjelasan  tentang beberapa jenis dari kelinci serta darimana asalnya. Woow…ternyata kelinci banyak juga jenisnya ya guys...ada English Spot yang berasal dari Inggris, Rex dari Perancis , Anggora dari Ankara, Turki, Flemish Giant dari Argentina, Dutch dari Belanda, Himalayan  dari China/Rusia serta Lion (Lion Head) dari Inggris.

Ooh yaa guys... ternyata kelinci bisa sakit juga lhoo, penyakitnya sama juga yang dialami oleh manusia, seperti : pilek, sembelit, kudis, diare, perut kembung, radang mata bahkan sampai kanker telinga.

Selain itu kelinci bisa digendong layaknya adik bayi, cuman kita tidak boleh memegang telinganya yaa, karena bisa-bisa jadi marah tuh kelincinya.

waah…ternyata susah juga nih untuk menangkap kelinci yang sedang berada di padang  rumput, hingga anak-anak sampai ada yang terjatuh untuk mengejarnya, untungnya saat jatuh gak ada yang merasa sakit, secara… kan tanahnya banyak ditumbuhi rumput…he…he.

            Setelah capek bermain dengan kelinci, sampailah pada kegiatan yang ketiga, yaitu memetik buah strawberry. Melihat buah strawberry yang segar dan berjajar di lahan yang cukup luas, ingin sekali rasanya untuk memetik/memanennya, eeiits…tapi tunggu dulu guys, jangan tergesa-gesa untuk memetiknya ya, karena sesuai arahan dari kakak-kakak instruktur untuk buah strawberry yang masih kecil-kecil tidak diperbolehkan untuk dipetik/dipanen lhoo, agar nantinya buah strawberry yang kecil-kecil tersebut dapat tumbuh jadi besar dan warnanya berubah menjadi merah, itu artinya buah strawberry siap untuk dipetik/dipanen guys.

Dalam kegiatan memetik/memanen ini setiap anak diberi mangkok kecil yang digunakan sebagai tempat pada saat memetik/ memanen buah strawberry dan dalam hal memetik/memanen ini, anak-anak hanya diperbolehkan untuk memetik sebanyak 20 buah saja yaa.

Setelah membuat pancake, bermain dengan kelinci dan memetik buah strawberry, akhirnya tibalah saatnya anak-anak berkumpul kembali di aula, karena sudah waktunya untuk makan siang, namun sembari menunggu makan siang tersedia, anak-anak diperkenankan untuk mewarnai gambar di atas kertas.

Waah asiik juga tuh...anak-anak bisa dengan bebas menuangkan kreatifitasnya dalam mewarnai gambarnya masing-masing, apalagi hasil karyanya bisa dibawa pulang.

Ternyata seru dan enak juga ya guys, melihat anak-anak ias makan siang bersama, so… jangan lupa, selesai makan piringnya harus ditaruh dibelakang dan sampahnya dibuang di tempat sampah ya, supaya tempatnya kelihatan bersih kembali serta tidak ada kuman yang menganggu.

Jam di dinding aula sudah menunjukkan pukul satu siang dan saatnya pula anak-anak bersiap kembali ke Surabaya dan dalam benak anak-anak dari pengalaman ini akan menjadi sebuah cerita yang indah untuk disampaikan kepada orang tua.

  

 

 










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)