Sekitar Kita

Panasonic Eco Kideas - Tunas Hijau

Modal dari Sampah Rp. 136.400, SDK Xaverius Produksi Gantungan Kunci Flanel Berisi Sampah Plastik

Indra Patmoko | Kamis, 11 April 2013 - 00:51:17 WIB | dibaca: 1336 pembaca

Di SDK Xaverius Surabaya, gantungan kunci dari kain flanel diisi dengan sampah plastik sebagai pengganti dakron

SURABAYA- Walaupun sampah non organik telah jarang ditemui di sekolah, tidak mematikan ide wirausaha lingkungan hidup tim ‘Eco-preneur’ SDK Xaverius Surabaya. Dengan memanfaatkan sampah plastik pembungkus makanan ringan, mereka membuat gantungan kunci dari kain flanel. “Kain flanelnya dibentuk, lalui diisi sampah plastik yang dipotong-potong,” jelas Andreana Shella Utami, siswa kelas 4 anggota tim Eco-preneur, kepada Tunas Hijau saat pembinaan lingkungan hidup Eco-preneur, Senin (18/3)yang diselenggarakan bersama PT. Perusahaan Gas Negara (Persero) Tbk dan Pemerintah Kota Surabaya. Dengan bentuk yang lucu-lucu, gantungan kunci yang mereka produksi itu akan menjadi produk yang mudah dijual.

Modal utama untuk membuat gantungan ini dari pengumpilan sampah koran yang sudah dijual sebelumnya. “Kami mengumpulkan dan menjual koran setelah workshop. Kami mendapatkan uang sebanyak Rp.136.400. Uang tersebut untuk membeli kain flanel dan lem,” terang Catarina Candra Kumala Sari, siswa SDK Xaverius yang juga anggota tim Eco-preneur sekolah. Modal ini dirasa cukup untuk modal usaha Eco-preneur.

Dari usaha bisnis ini diharapkan siswa bisa mandiri dan lebih peduli terhadap lingkungan hidup. “Sampah yang digunakan adalah sampah kering. Di sekolah memang sangat sedikit terdapat sampah plastik. Dengan adanya program ini sampah plastik tambah tidak ada,” ujar Petrus Prabawa Nirmala, guru sekolah ini.

Pada pembinaan ini, aktivis Tunas Hijau Purbo Sari Retno Ningsih mengatakan bahwa Eco-preneur mengajak siswa untuk lebih peduli lingkungan. “Dari kesadaran akan lebih peduli terhadap lingkungan, bisa sekaligus belajar berwirausaha. Sembari menjaga lingkungan juga belajar untuk berwirausaha,” ujar aktivis perempuan Tunas Hijau yang berjilbab ini. (sar)

 










Komentar Via Website : 0


Nama

Email

Komentar



Masukkan 6 kode diatas)