Berprestasi di Olimpiade

SHARE

Elaine adalah satu dari banyak siswa SD Katolik Santo Xaverius yang memiliki prestasi bagus. Saat di wawancara oleh tim redaksi majalah Xaverius Elaine bercerita, bulan September kemarin merupakan bulan yang sangat sibuk bagi saya, karena hampir setiap minggu saya mengikuti lomba. Pada minggu pertama tanggal 5 September saya mengikuti lomba matematika yang diadakan oleh penerbit buku Erlangga. Akan tetapi saya masih belum dapat memenangkannya. Pada saat diumumkan saya cuma urutan ke 8 dari 699 peserta.

Pada minggu ke 2 tanggal 9 saya diikutkan oleh Mr Hendrik untuk mengikuti lomba GBMO (Global Business Mathematics Olympiad) 2020. Yakni kompetisi olimpiade matematika terapan bisnis yang diadakan dengan full online system. Dalam GBMO semua peserta diajak mengenal, mempelajari, mencintai ilmu matematika terapan bisnis sekaligus berkompetisi dalam olimpiade. 
Lomba ini dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 12 September 2020. Akan tetapi pada tanggal 6 September 2020 diadakan try out terlebih dahulu. Pada saat saya mengerjakan try out saya tidak ada masalah dalam mengerjakannya, akan tetapi pada saat lomba  saya menemukan beberapa soal yang membuat saya bingung seperti : Apakah matematika itu sebuah bahasa? dan Apakah matematika menuntut empiris? Perasaan saya pada saat mengerjakan lomba sedikit tegang karena ada beberapa soal yang saya bingung. Tetapi saya tidak mempermasalahkan saya menang atau tidak, karena dengan mengikuti lomba seperti ini saya mendapatkan pengalaman mengerjakan soal-soal matematika baru yang bisa menjadi ilmu di masa depan untuk saya. 

Dan pada keesokkan harinya pada hari minggu 13 September saya mengikuti lomba olimpiade Nasional matematika dan bahasa Inggris yang diadakan oleh Satu Pena. Pada saat saya mengerjakan soal-soal lomba ada lagi beberapa soal yang membuat saya bingung terutama pada soal matematikanya. Akan tetapi saya tetap mencoba untuk menyelesaikan soal-soal lomba tersebut.

Satu minggu kemudian pada hari minggu tanggal 20 September, pengumuman pemenang Satu Pena telah diumumkan. Perasaan saya deg deg an karena apakah saya dapat menang atau tidak. Ternyata saya masuk pada juara Andromeda (medali Emas) untuk mata pelajaran bahasa Inggris. Dan juara milky way (medali bronze) untuk mata pelajaran matematika. 

Setelah kurang lebih 2 minggu kemudian, keluar pengumuman pemenang lomba GBMO yang disiarkan secara live di youtube. Perasaan saya sangat tegang sekali. Penghargaan tersebut dimulai dari senior level, secondary level, baru primary level. Pada saat primary level perasaan saya semakin tegang, ternyata nama saya masuk di merit award. Meskipun saya tidak mendapatkan medal award saya sangat senang karena bisa berkompetisi bersama kakak-kakak kelas 5 dan 6. Merit award itu sendiri adalah penghargaan atas prestasi nilai yang sudah bagus, dan diberikan hanya kepada sedikit peserta yang berkualitas saja. Saya sangat berterimakasih kepada guru-guru di SDK Santo Xaverius yang selalu mendukung saya untuk terus maju berkompetisi.

(red. E.S.H)